Rekrutmen Tingkat Nasional dan Tingkat Provinsi Bimtek Tindak Lanjut AKMI

rekrutmen_akmi_2021

Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan madrasah, Proyek Realizing Education’s Promise: Support to Indonesia’s Ministry of Religious Affairs for Improved Quality of Education (Madrasah Education Quality Reform) REP-MEQR Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia akan menyelenggarakan Rekrutmen Instruktur Tingkat Nasional dan Tingkat Provinsi Bimbingan Teknis Tindak Lanjut Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) Tahun Anggaran 2021 untuk penyelenggaraan perbaikan pembelajaran dalam penguatan kompetensi literasi membaca, numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya jenjang MI. Terkait hal tersebut Mohon bantuan disampaikan kepada Guru Madrasah, Pengawas Madrasah, Widyaiswara, dan Dosen Perguruan Tinggi yang memenuhi persyaratan untuk mendaftar mengikuti seleksi calon instruktur tingkat nasional dan provinsi dengan ketentuan sebagaimana terlampir.

(1) Penjelasan Umum
a. Bimtek Tindak Lanjut Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) adalah bagian dari paket penyelenggaraan AKMI yang berupa usaha mendampingi pengelola madrasah untuk menindaklanjuti diagnosis dan rekomendasi perbaikan pembelajaran yang telah dihasilkan dari asesmen kompetensi terhadap siswa madrasah. Bimtek ini bertujuan mengoptimalkan usaha perbaikan pembelajaran yang dilakukan di setiap satuan pendidikan madrasah dalam rangka meningkatkan kompetensi siswa madrasah.
b. Bimtek Tindak Lanjut AKMI dilakukan pada Tingkat Nasional, Tingkat Provinsi, dan Tingkat Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Bimtek Tingkat Nasional diselenggarakan untuk menyiapkan intruktur provinsi. Bimtek Tingkat Provinsi diselenggarakan untuk menyiapkan instruktur Kabupaten/Kota. Sedangkan Bimtek Tingkat Kabupaten/Kota adalah Bimtek yang sasarannya adalah perwakilan dari seluruh madrasah yang dijadikan titik penyelenggaraan Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia tahun 2021.
c. Pada rekrutmen ini dimaksudkan akan menjaring
i. Calon Instruktur Tingkat Nasional, dan
ii. Calon Instruktur Tingkat Proovinsi.
d. Calon instruktur di atas difokuskan untuk kebutuhan penyelenggaraan Bimtek tindak lanjut AKMI yang berupa bimbingan tindak lanjut perbaikan pembelajaran untuk penguatan literasi membaca, numerasi, literasi sains, dan literasi sosial budaya jenjang MI,
e. Keseluruhan proses rekrutmen ini dilakukan secara online

Baca Juga  Sambut Ramadan, Kemenag Terbitkan Panduan Ibadah

(2) Sasaran Rekrutmen :
Calon instruktur dapat berasal dari
a. guru madrasah,
b. pengawas madrasah,
c. widyaiswara, dan
d. dosen

(3) Persyaratan Umum:
a. Calon instruktur Bimtek Tindak Lanjut AKMI tahun 2021 Tingkat Nasional adalah calon instruktur yang mendapatkan undangan khusus untuk mengikuti seleksi. Calon instruktur ini mendapatkan undangan karena keterkaitan mereka dengan proses penyusunan asesmen instrumen atau modul tindak lanjut AKMI
b. Calon instruktur Bimtek Tindak Lanjut AKMI tahun 2021 Tingkat Provinsi berasal dari semua provinsi di Indonesia. Dalam penentuan seleksi akan diusahakan dapat terseleksi dari setiap provinsi.
c. Memiliki kompetensi yang diperlukan, meliputi: kecakapan bekerja secara daring/online, komitmen yang tinggi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan dan bekerjasama dengan tim.
d. Sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba,
e. Status sebagai guru madrasah negeri atau swasta, pengawas madrasah, widyaiswara, dan dosen yang dibuktikan oleh Surat Rekomendasi dari Pimpinan Satker.
f. Diutamakan memiliki kompetensi sesuai jenjang dan latar belakang pendidikan.
▪ Instruktur Literasi Membaca: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris atau Bahasa Arab
▪ Instruktur Literasi Numerasi: Matematika
▪ Instruktur Literasi Sains: IPA
▪ Instruktur Literasi Sosial Budaya: IPS, PKn, Keagamaan (kecuali bahasa Arab), dan Bimbingan Konseling (BK).
g. Calon instruktur tidak sedang terlibat dalam kegiatan Instruktur Nasional, Fasilatator Provinsi, atau Instruktur daerah dalam kegiatan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pada Madrasah Tahun 2021
h. Mengikuti dan dinyatakan lulus pada setiap tahapan seleksi

Selengkapnya silahkan unduh Disini